Selasa, 15 Oktober 2024 telah berjalan dengan sukses kegiatan Pelatihan First Aid dan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation atau Resusitasi Jantung-Paru) yang diselenggarakan oleh Pusat Kesehatan dan Pangan (PKP) LPPM UM. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Publika lantai 6 Graha Rektorat UM dengan target peserta pelatihan adalah pelajar, mahasiswa, praktisi Kesehatan, dan umum. Pada kesempatan ini kegiatan pelatihan diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari alumni S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat UM, alumni S1 Bioteknologi UM, mahasiswa prodi S1 Gizi UM, tenaga kependidikan UPT Layanan Kesehatan UM, The Groove Café, Sekolah Non Formal: Dua Sisi, dan SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Kegiatan ini juga turut mendukung program pengembangan berkelanjutan (SDGs) poin 3 yaitu mewujudkan Kesehatan dalam Masyarakat dan mempromosikan pola hidup sehat.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si selaku ketua LPPM menyatakan arti penting pelatihan ini sebagai bentuk pengetahuan dasar Kesehatan yang dapat diimplementasikan setiap saat dan dimanapun dalam rangka memberikan kontribusi nyata dalam menyelamatkan nyawa orang lain, menjadikannya keterampilan yang sangat berharga untuk dimiliki. Selain itu, Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si mengharapkan bahwa PKP dapat memfasilitasi kegiatan pelatihan ini secara rutin dengan skala peserta yang lebih luas untuk meningkatkan kesadaran maysarakat akan pentingnya pertolongan pertama, khususnya CPR.

Pelatihan ini menghadirkan dr. Erianto Fanani, S.Ked, M.KKK selaku dosen dan Kepala Laboratorium Fakultas Kedokteran UM sebagai narasumber utama. Dalam penjabarannya, dr. Erianto menjelaskan alasan mengapa pelatihan ini sangat penting yaitu: (1) Meningkatkan peluang bertahan hidup (2) Waktu respons yang lebih cepat (3) Meningkatkan kesadaran Masyarakat (4) Mencegah kerusakan otak dan (5) Meningkatkan rasa percaya diri dalam memberikan pertolongan pertama. Selain penjelasan teori, praktek langsung juga dilakukan seluruh peserta pelatihan sehingga masing-masing peserta mendapatkan kompetensi yang standar.