MENAPAK JEJAK SEJARAH

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang merupakan hasil integrasi dari Lembaga Penelitian (Lemlit) dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM). Integrasi ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 30 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Malang (UM).

LP2M pada awal didirikan menaungi tujuh pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yakni (1) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Pendidikan (P3P), (2) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang sain, Teknologi, Industri, dan Hki (PPSTI & HKI), (3) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Lingkungan dan Manajemen Bencana Alam (P3LHMBA), (4) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Jender dan Kependudukan (P3JK), (5) Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial, Humaniora, dan Olah Raga (P2SHOK), (6 Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan (P3EK), dan (7) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Sumber Daya Wilayah dan Kuliah Kerja Nyata (P2SWKKN). Tahun 2018 LP2M mengalami perkembangan yaitu menaungi sembilan pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yakni (1) Pusat Pendidikan, (2) Pusat Halal, (3) Pusat Material Maju untuk Energi Terbarukan, (4) Pusat HKI, Inkubasi Bisnis, Komersialisasi dan Afiliasi Industri, (5) Pusat SosHum dan Pariwisata, (6) Pusat Pengembangan Sumberdaya Wilayah dan KKN, (7) Pusat Gender dan Kesehatan, (8) Pusat Lingkungan, Mitigasi, dan Kebencanaan, dan (9) Pusat Publikasi Akademik.

Universitas Negeri Malang berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia nomor 115 tahun 2021 telah resmi berubah menjadi status dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Hukum (PTN-BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) sejak 25 November 2021. Dengan berubahnya UM menjadi PTN-BH terjadi penyesuaian penyebutan nama LP2M menjadi LPPM.

LP2M menghasilkan pengembangan bidang pendidikan dan pembelajaran yang mendukung pengembangan IPTEKS untuk meningkatkan kecerdasan, martabat, dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian yang dilakukan oleh tenaga peneliti yang andal dengan latar belakang berbagai bidang keilmuan. Hasil-hasil penelitian selain hasil penelitian keilmuan sebagian besar juga diimplemetasikan dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. LP2M Sukses dalam kolaborasi dengan pihak pemerintah maupun swasta untuk kepentingan kajian sains, teknologi, dan seni serta berbagai praktis di tengah masyarakat.

VISI

Menjadi lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat unggul dan rujukan dalam pengembangan dan penerapan IPTEKS serta bidang kependidikan

MISI

Rumusan misi rencana strategis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat LP2M UM adalah sebagai berikut,

  1. Menyelenggarakan penelitian IPTEKS serta bidang kependidikan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan IPTEKS serta bidang kependidikan.
  3. Menyelenggarakan tata pamong yang otonom, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan

TUJUAN

Rumusan tujuan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat LP2M UM adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan hasil karya akademik dalam bidang IPTEKS serta kependidikan yang bermutu dan unggul.
  2. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat berbasis pada hasil kajian dan penelitian untuk mendukung pengembangan pendidikan, memajukan kesejahteraan masyarakat, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  3. Menghasilkan kinerja institusi yang otonom, akuntabel, dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

Struktur Organisasi

MULAI TAHUN 2019 LP2M MEMILIKI 10 PUSAT PENELITAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, YAITU

  1. Pusat Halal ( PH )
  2. Pusat HKI, Inkubasi Bisnis, Komersialisasi, dan Afiliasi Industri ( PHIKA )
  3. Pusat Material Maju untuk Energi Terbarukan ( PM2ET )
  4. Pusat Publikasi Akademik ( PUBLIKA )
  5. Pusat Sumberdaya Wilayah dan KKN ( PSW-KKN )
  6. Pusat Jender dan Kesehatan ( PJK )
  7. Pusat Lingkungan, Mitigasi, dan Kebencanaan( PLMK )
  8. Pusat Sosial, Humaniora, dan Pariwisata ( PSP )
  9. Pusat Pendidikan ( PP )

SUMBER DAYA MANUSIA LP2M

  1. LP2M dikelola oleh seorang Ketua dan Sekretaris, dan 10 orang Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Para Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah tenaga akademisi (dosen) profesional dan pilihan.

  2. LP2M UM didukung oleh personel ketatausahaan yang profesional dan dikoordinasikan oleh 2 orang Kepala Sub Bagian Umum, 11 Staff Umum dan Keuangan dan 11 Staff Program.

  3. LP2M UM didukung oleh tenaga peneliti profesional yang terdiri dari dosen-dosen UM.

PENGEMBANGAN DAN PENERBITAN JURNAL ILMIAH DAN BERKALA.

Pengembangan dan penelrbitan jurnal ilmiah IM dikoordinasi oleh LP2M. unit ini sangat bermanfaat dan profesional. Kegiatan yang dilakukan antara lain menyediakan jurnal terakrediatasi nasional dan jurnal ber-ISSN di Lingkungan UM, menyediakan layanan konsultasi dan pendampingan jurnal ilmiah begi berbagai pihak.

FASILITAS PENDUKUNG LP2M

Pusat kegiatan LP2M berada di gedung Gedung Graha Rektorat Lantai 6 dan pendukung ruang dan tenaga kerja yang ada di unit gedung lain di Lingkungan UM. Fasilitas yang diterima dijabar sebagai berikut.

  1. 1 Ruang Ketua LP2M yang dilengkapi dengan ruang rapat.
  2. 1 Ruang Sekretaris LP2M yang rapat dengan ruang rapat.
  3. 9 Ruang untuk Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian.
  4. 1 Ruang tim pendukung jurnal dan berkala.
  5. 2 Ruang tata usaha.
  6. 1 Perpustakaan LP2M.
  7. 1 Perpustakaan Studi Jender.
  8. 1 ruang seminar.
  9. 1 Arsip.
  10. Ruang laboratorium.
  11. 1 Ruang Mushola.
  12. Peralatan elektonik siap pakai untuk dikumpulkan dan analisis data.
id_IDID