Salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan atmosfer akademik adalah dengan meningkatkan peran dan fungsi Pusat Pendidikan dalam wujud memfasilitasi dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) para dosen maupun mahasiswa untuk melakukan berbagai aktivitas yang mengarah pada peningkatan kualitas akademik. Kualitas akademik dosen salah satunya tercermin dari kemampuannya menuangkan ide dan gagasan kedalam hal yang bersifat konkret melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Terkait dengan bidang pendidikan salah satunya yaitu peningkatan mutu perkuliahan melalui penyediaan sumber belajar cetak sesuai dengan karakteristik mata kuliah dan perkembangan iptek melalui program penulisan buku ajar bagi dosen.

Penulisan buku bagi dosen yang bersumber dari hasil pemikiran dan hasil penelitian merupakan realisasi dari pengalaman melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dan penerapan perkembangan keilmuan dalam bidangnya. Setiap dosen maupun mahasiswa memiliki kesempatan untuk menulis buku. Oleh karena itu, Pusat Pendidikan menyelenggarakan Workshop Penulisan Buku Ajar, Monograf, dan Buku Referensi untuk memfasilitasi peningkatan kemampuan mahasiswa maupun dosen serta masyarakat umum dalam menulis buku.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis, 14 September 2023 bertempat di Aula lt.9 Gedung Graha Rektorat Universitas Negeri Malang dan diikuti oleh 42 peserta yang terdiri atas mahasiswa dan dosen perwakilan masing-masing fakultas di Universitas Negeri Malang. Acara dimulai dengan pembukaan oleh perwakilan Tim Pengembang Pusat Pendidikan LPPM UM, Dr. Tri Wahyu Hardaningrum, M.Pd dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber, Edi S.Mulyanta, S.Si, M.T yang merupakan Kepala Biro Penerbitan Penerbit Andi.  Narasumber, Bapak Edi S.Mulyanta, S.Si, M.T, menyampaikan bagaimana cara atau metode menyusun buku ajar berbasis penelitian sebagai materi yang pertama. Pada materi yang kedua, peserta diajak untuk mempraktikkan penulisan buku ajar berdasarkan hasil penelitian maupun skripsi, tesis, atau disertasi peserta. Peserta nampak aktif mengikuti jalannya lokakarya dengan berpartisipasi dalam diskusi dengan narasumber.