Pada tanggal 12 Nopember 2013 pukul 13.30 telah dilaksanakan pembukaan Penataran Lokakarya Nasional Pengelolaan dan Penyuntingan Jurnal Ilmiah yang dilakukan oleh Rektor Universitas Negeri Malang Prof. Dr. Suparno. Acara ini akan diselenggarakan dari tanggal 12 s.d 15 Nopember 2013 di Hotel Kartika Wijaya, Batu.

Dasar dari dilaksanakannya acara ini adalah Peraturan Dirjen Dikti Nomor 49/DIKTI/Kep/2011 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah. Untuk itu pengelola dan penyunting jurnal harus meningkatkan kinerjanya, terutama peningkatan kualitas isi artikel serrta konsistensi tata tulis dan hasil cetak jurnalnya. Dengan Penloknas tersebut diharapkan pengelola/penyunting jurnal dapat meningkatkan mutu jurnalnya menurut rambu-rambu akreditasi yang berlaku.

Materi yang diberikan selama kegiatan meiputi: Kebijakan Penerbitan dan Akreditasi Jurnal; Rubrik dalam Jurnal Ilmiah; Manajemen Jurnal Ilmiah; Mekanisme dan Teknik Penyuntingan Artikel Jurnal; Penelaahan Isi/Substansi Artikel Jurnal; Penyuntingan Format, Bahasa dan Tata Tulis Artikel Jurnal; Penyiapan dan Penyuntingan Naskah Pracetak Jurnal; Liku-Liku Pengelolaan/Penerbitan Jurnal dan Pengusulan ISSN & Akreditasi; Jurnal Ilmiah Eektronik; dan Klinik Pengelolaan/Penyuntingan Jurnal.

Acara ini diikuti sebayak 82 peserta dari 53 lembaga di seluruh Indonesia.

 

Share This Story!

About Author

You may also like

No Comment

Comments are closed.