PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN  KEPADA MASYARAKAT JENDER DAN KEPENDUDUKAN

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Jender dan Kependudukan dimaksudkan untuk melakukan pengkajian dan pengabdian di bidang jender, peningkatan pemberdayaan dan peran perempuan di segala bidang pembangunan yang responsif  jender, meningkatkan kualitas pendidikan anak, dan berbagai permasalahan kependudukan.

Tujuan Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Jender dan Kependudukan yakni sebagai berikut.
  1. Melakukan koordinasi, pelaksanaan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta kegiatan akedemik lainnya terkait dengan bidang studi wanita (gender), anak, dan kependudukan. Pelaksanaan penelitian tersebut difungsikan sebagai berikut.
  2. Mengembangkan strategi-strategi pemecahan permasalahan jender dan kependudukan,
  3. Memberikan bantuan layanan kepada masyarakat untuk mewujudkan keadilan serta kesetaraan gender, dan kependudukan.
Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Jender dan Kependudukan  menjalin kerjasama dengan beberapa pihak  dalam melaksanakan kegiatan sebagai berikut.
  1. Pelaksanaan proyek Technological and Professional Skill Development Sector Project (TPSDP) tahun 2003 sampai 2007 di bidang pemberdayaan perempuan, penelitian, penyusunan agenda penelitian, perlengkapan sarana dan prasarana PSW.
  2. Bekerjasama dengan Pemkot  Malang dan elemen terkait  membidangi  lahirnya Komite perlindungan Perempuan  dan Anak (tahun 2005).
  3. Menggagas gerakan MURAHATI (Makanan Murah Sehat dan Bergizi Tinggi) tahun 2005 bekerjasama dengan  tim penggerak PKK kota Malang.
  4. Mengikuti sarasehan dalam pemberantasan korupsi bersama dengan anggota dewan, masyarakat, LSM yang digelar setiap sebulan sekali.
  5. Bekerjasama dengan kegiatan sosialisasi jender  kepada siswa-siswi SMU (tahun 2006).
  6. Bekerjasama dengn Pemkot dan Pemda TK II di Jawa Timur dalam kegiatan penelitian, pelatihan, pemberdayaan perempuan, penyusunan buku saku, serta kebijakan-kebijakan khusus.
  7. Kerjasama  dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) melalui Revitalisasi PSW/G (tahun 2010).
  8. Kerjasama dengan Direktorat Jenderal PNFI (Pendidikan Nonformal dan Informal) dan PAUDNI (Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal) Kemendiknas dalam penerbitan Koran Ibu (Kabar Dari Ibu dan Kalam Fatimah) dan Koran Anak (Ceria Berprestasi) ( tahun 2010-2012).
  9. Kerjasama dengan Fatayat NU kabupaten Malang dalam pelatihan Stakeholder untuk Kawasan Sentra Pengiriman TKI Kabupaten Malang dan Penerbitan Koran Ibu Kalam Fatimah.
  10. Pelaksanaan Seminar Pendidikan Pranikah: Mempersiapkan Generasi Muda dalam  Membangun Keluarga SAMARA (Sakinah, Mawaddah, Warahmah).