Workshop yang digelar P2SWKKN bertujuan untuk menghasilkan Panduan KKN, Petunjuk Teknis KKN, SOP KKN dan Instrumen Penjaminan Mutu KKN. Produk-produk yang dihasilkan merupakan penyempurnaan dan penyusunan  baru terhadap dokumen pendukung pelaksanaan KKN  yang selama ini belum ada. Panduan KKN memuat tentang tata cara  KKN secara umum, kapan mahasiswa mendaftar KKN,  hak dan kewajiban  yang harus dilakukan mahasiswa KKN termasuk juga kegiatan-kegiatan  mahasiswa yang disetarakan  dengan mata kuliah KKN. Petunjuk teknis KKN memuat operasional  kegiatan KKN selama di tempat KKN. SOP KKN menjelaskan diagram alur tentang kegiatan KKN, pendaftaran, pendampingan dan pelaksanaan KKN. Hal yang baru adalah instrumen penjaminan mutu yang berkaitan dengan  aspek layanan lembaga terhadap mahasiswa dan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua LP2M Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si dalam sambutan pembukaan workshop yang digelar di Hotel Filadelphia Kota Batu tanggal 8-9 Maret 2013.   Pemateri  workshop disampaikan oleh Drs. Tiskno W. M.A. dan Prof. Dr. Iman Suyitno,  M.Pd., Dr. Hendri Purwito, M.Si  dengan peserta Ketua LP2M , Sekretaris LP2M,  Kabag LP2M, Kapus PSW KKN, Drs. Solichin, M.Kes (FT), Dra. Wiwik, M.Pd (FT), Drs. Rudi Hartono,  M.Si, (FIS),  Ir. Hendro Permadi, M.Si., (FMIPA), Drs. Imam Buchori, MM (FE), Drs. Usep, M. Sn (FS), Dra. Rara (FIK) dan  Santi, M.Si., Ph.D. (Pusat Penjaminan Mutu)

Drs. Hendri Purwito, M. Si  selaku Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Wilayah dan KKN dalam sambutannya mengungkapkan program KKN bagi mahasiswa dilaksanakan dalam bentuk KKN tematis yaitu program non fisik yang dirancang  berdasarkan tema-tema secara akademis relevan dengan bidang keahlian mahasiswa. Dalam pelaksanaan program tersebut, perserta KKN diarahkan dan ditempatkan  di lokasi KKN  dengan tema tertentu sesuai dengan bidang keahliannya. Dengan demikian workshop ini sangat penting dilakukan  untuk menghasilkan output program-program  yang lebih terarah dan lebih bermanfaat bagi pengembanan kompetensi akademik mahasiswa.

Kapus P2SWKKN  lebih lanjut mengungkapkan workshop ini sangat penting karena program KKN tematis memerlukan penanganan secara sungguh-sungguh  oleh berbagai pihak yang terkait. Produk workshop nantinya digunakan penyelenggara dan pelaksana KKN, untuk  memperlancar dan mensukseskan pelaksanaan program KKN. Produk workshop tersebut disusun, dikembangkan dan  digunakan sebagai acuan bagi mahasiswa, dosen pembimbing lapangan (DPL) serta pihak LP2M Universitas Negeri Malang. (kar-yus)

 

Share This Story!

About Author

You may also like

No Comment

Comments are closed.