Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang merupakan hasil integrasi dari Lembaga Penelitian (Lemlit) dan Lembaga pengabdian kepada Masyarakat (LPM). Integrasi ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 30 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Malang (UM).
Jika ditelusur pada sejarah pendiriannya, pada tahub 1996 Lemlit dan LPM pernah bernaungdalam satu Lembaga, yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP3M) IKIP Malang. Seiring dengan perkembangan kegiatan yang sangat pesat, pada tahun 1982, LP3M dipecah menjadi dua, yakni (1) Pusat Penelitian (Puslit) dan (2) Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM). Pada tahun 1993, Pusat Penelitian ditingkatkan statusnya menjadi Lembaga Penelitian (Lemlit). Perluasan Mandat IKIP Malang menjadi Universitas Negeri Malang yang disahkan dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 93, tertanggal 4 Agustus 1999, diikuti dengan pengubahan status Lembaga Penelitian IKIP Malang menjadi Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang (UM).
LP2M menaungi tujuh pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yakni (1) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Pendidikan (P3P), (2) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang sain, Teknologi, Industri, dan Hki (PPSTI & HKI), (3) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Lingkungan Hidup dan Manajemen Bencana Alam (P3LHMBA), (4) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Jender dan Kependudukan (P3JK), (5) Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial, Humaniora, dan Olah Raga (P2SHOK), (6) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan (P3EK), dan (7) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Sumber Daya Wilayah dan Kuliah Kerja Nyata (P2SWKKN). Selain itu, LP2M juga mendapat tugas untuk mengelola pengembangan dan penerbitan jurnal ilmiah di lingkungan UM.
LP2M menghasilkan berbagai inovasi bidang pendidikan dan pembelajaran yang didukung pengembangan IPTEKS untuk lebih meningkatkan kecerdasan, martabat, dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian dilakukan oleh tenaga peneliti yang handal dengan latar belakang berbagai bidang keilmuan. Hasil-hasil penelitian selain menghasilkan kajian keilmuan sebagian juga diimplemetasikan dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat.
LP2M berpengalaman dalam melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah maupun swasta untuk kepentingan kajian ilmu, teknologi, dan seni serta berbagai praktis di tengah masyarakat.

VISI LP2M

Visi LP2M Universitas Negeri Malang yakni menjadi lembaga unggul dan terpercaya dalam pengembangan dan penerapan IPTEKS.

MISI LP2M

Misi LP2M Universitas Negeri Malang terjabar seperti berikut .
1)  Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian bidang pendidikan.
2)  Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian bidang sains, teknologi dan industri dan HKI.
3)  Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian bidang social, humaniora, olahraga, dan kesehatan.
4)  Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian bidang usaha dan kewirausahaan.
5)  Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian bidang jender dan kependudukan.
6)  Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian bidang lingkungan hidup dan manajemen bencana alam.
7)  Menyelenggarakan pengembangan sumberdaya wilayah dan Kuliah Kerja Nyata.
8)  Membangun organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tata kelola, transparasi, dan pencitraan public menuju Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang otonom.

TUJUAN LP2M
Tujuan LP2M yakni seperti berikut.
1)  Menghasilkan karya unggul penelitian dan pengabdian bidang pendidikan.
2)  Menghasilkan karya unggul penelitian dan pengabdian sains, teknologi industri dan HKI.
3)  Menghasilkan karya unggul penelitian dan pengabdian bidang penelitian dan  sosial, humaniora, olahraga, dan kesehatan.
4)  Menghasilkan karya unggul penelitian dan pengabdian bidang usaha dan kewirausahaan.
5)  Menghasilkan karya unggul penelitian dan pengabdian bidang jender dan kependudukan.
6)  Menghasilkan karya unggul penelitian dan pengabdian bidang lingkungan hidup dan manajemen bencana alam.
7)  Menghasilkan karya unggul pengembangan sumberdaya wilayah dan Kuliah Kerja Nyata.
8)  Terwujudnya organisasi yang sehat dengan system tata kelola yang transparan, dan akuntabel.

STRUKTUR ORGANISASI LP2M

struktur organisasi

PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI LP2M
1)  Pusat Penelitian dan Pengabdian bidang Pendidikan (P3P).
2. Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bidang Sain, Teknologi, Industri, dan HKI (P3STI & HKI).
3. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bidang Sosial, Humaniora, dan Olahraga (P3SHOK).
4. Pusat Penelitian dan Pengabdian bidang Ekonomi dan Kewirausahaan (P2EK).
5. Pusat Penelitian dan Pengabdian bidang Jender dan Kependudukan (P3JK).
6. Pusat Penelitian dan Pengabdian bidang Lingkungan hidup dan Manajemen Bencana Alam (P3LHMBA).
7. Pusat Penelitian Sumber Daya Wilayah dan Kuliah Kerja Nyata (P2SWKKN).

SUMBER DAYA MANUSIA LP2M
1) LP2M UM dikelola oleh seorang Ketua dan seorang Sekretaris, dan 7 orang Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Para Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut merupakan tenaga akademisi (dosen) professional dan pilihan.
2) LP2M UM didukung oleh personel ketatausahaan yang professional dan dikoordinasikan oleh seorang Kepala Bagian Tata Usaha, 3 orang Kepala Sub-Bagian Umum, 24 orang staf administrasi, 1 orang arsiparis, dan 2 orang tenaga kontrak.
3) LP2M UM didukung oleh tenaga peneliti professional yang terdiri dari dosen-dosen UM.
BENTUK KEGIATAN LP2M
LP2M telah melaksanakan sejumlah kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pada tahun 2012, LP2M melaksanakan 44 (empat puluh empat) judul penelitian dari berbagai skim penelitian (Hibah Bersaing, Fundamental, Hibah Pasca Sarjana, Hibah Pekerti, Hibah Kompetensi, Hibah Strategi Nasional, dan Hibah Disertasi Doktor) yang didanai oleh DP2M Dikti dan 14 (empat belas) judul penelitian dihasilkan dari kerjasama dengan Pemerintah Daerah.
Dalam kurun waktu tahun 2012, berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen UM, baik untuk kepentingan bidang pendidikan maupun berbagai bidang kemasyarakatan lainnya telah dilaksanakan. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dengan sumber dana DP2M sebanyak 35 judul dan melibatkan 136 dosen.
Bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan meliputi : (1) pendidikan, (2) sastra/filsafat, (3) bahasa/seni, (4) MIPA, (5) teknologi, dan (11) psikologi.
Berbagai bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh LP2M, yaitu sebagai berikut :
1) Pemetaan sekolah, pemetaan anak jalanan, pemetaan potensi industri daerah, pemetaan dan pengembangan model investasi sumber daya alam, pemetaan dan pengembangan sosial, ekonomi, dan budaya, pemetaan potensi aparatur pemerintah daerah, pemetaan dan penginderaan jauh dan system geografi.
2) Penelitian dan pengembangan kurikulum.
3) Penelitian dan pengembangan pendidikan kecakapan hidup.
4) Pengembangan teknologi dan diversifikasi produk.
5) Pengembangan model dan prototype.
6) Pengujian kualitas lingkungan.
7) Penelitian dan pengembangan pendidikan lingkungan hidup.
8) Penelitian dan pengembangan sekolah maju.
9) Penelitian dan pengembangan ilmu.
10) Penelitian dan pengembangan material baru.
11) Studi evaluasi proyek dan program pendidikan
12) Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan formal dilaksanakan melalui penataran, pelatihan, lokarya, bantuan keahlian, dan layanan konsultasi guru, siswa, dan kepala sekolah mulai TK sampai SMU/SMK. Muatan IPTEK ditransformasikan melalui penyusunan dan implementasi KBK, CTL. PTK, media, dan berbagai pendekatan pembelajaran inovatif.
13) Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan non formal berupa pelatihan, lokarya, pendampingan, dan bantuan keahlian dengan sasaran kegiatan tutor, penyelenggara kelompok belajar, dan pengelola PKBM (serta warga belajarnya) dengan mentransformasikan muatan IPTEK melalui implementasi manajemen PKBM dan Kejar, penerapan andradogi dalam pembelajaran, metode dan media pembelajaran orang dewasa.
14) Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang kewirausahaan berupa pelatihan, lokarya, pembinaan kelas khusus, magang, perkuliahan, konsultasi, stimulasi modal, bantuan akses dan promosi dengan mentransformasikan muatan IPTEKS dalam AMT versi MacClelland, manajemen perintisan usaha kecil, pembuatan SKU, prinsip-prinsip marketing, magang singkat dan stimulansi modal awal.
15) Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang pengembangan wilayah dan KKN meliputi bantuan dan rekayasa teknologi, pelatihan, lokarya, bimbingan teknis, pendampingan, percontohan, dan bantuan keahlian berbasis kebutuhan.
16) Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah oleh Dit. Litabmas Dikti.
17) Workshop Penulisan Artikel Ilmiah oleh Jurnal Penelitian Kependidikan.
18) Rapat Kerja bersama Pemkab Malang.

PENGALAMAN PENGEMBANGAN SDM PENELITI
1)  Pendidikan dan Pelatihan Statistik (27 angkatan)
2)  Lokakarya Metodologi Penelitian Tingkat Dasar (27 angkatan)
3)  Lokakarya Metodologi Penelitian Tingkat Lanjut.
4)  Lokakarya Penelitian Kualitatif (angkatan ke-27).
5)  Lokakarya Penyusunan Proposal (angkatan ke-27)
6)  Lokakarya Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (2 angkatan).
7)  Pelatihan Metodologi Uji Kualitas Air (angkatan 1).
8)  Lokakarya peningkatan kemampuan dosen dan pustakawan tentang metodologi pengabdian UM, masing-masing jurusan/prodi mengirimkan 2 orang dosen.
9)  Lokakarya peningkatan kemampuan dosen dan pustakawan tentang metodologi pengabdian pada tingkat fakultas penyelenggaraannya dikoordinasikan oleh masing-masing fakultas, dan lembaga menyiapkan tenaga ahlinya sebagai narasumber/fasilitator.
10) Lokakarya peningkatan kemampuan dosen tentang pembimbingan KKN.
11) Pendidikan dan Pelatihan Statistik (angkatan ke-28).
12) Lokakarya Metodologi Penelitian Tingkat Lanjut (angkatan ke-19).
13) Lokakarya Metodologi Penelitian Kualitatif 9 (angkatan ke-12).
14) Lokakarya Penyusunan Proposal Penelitian Kompetetif.
15) Simposium Nasional Hasil Penelitian (akan diselenggarakan tiap tahun).
16) Workshop Penelitian Pengembangan berbagai SKIM Ditlitabmas.
17) Workshop penulisan Buku Teks.
18) Workshop Penulisan Buku Ajar.
19) Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Nasional.
20) Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional.
21) Penataran dan Lokakarya Nasional Pengelolaan dan Penyuntingan Jurnal Ilmiah.

LAYANAN KELEMBAGAAN LP2M
Layanan kelembagaan yang dilaksanakan oleh LP2M terbagi menjadi dua bentuk layanan, yaitu layanan internal dan eksternal. Layanan internal yang ditawarkan kepada civitas akademika di lingkungan UM meliputi sebagai berikut.
1)  Penyebaran informasi dan sosialisasi agenda kegiatan penelitian rutin dana DP2M.
2)  Koordinasi pelaksanaan penelitian.
3)  Workshop penyusunan proposal berbagai skim penelitian.
4)  Pendampingan penyusunan proposal.
5)  Workshop penulisan jurnal/karya ilmiah.
6)  Layanan proses administrasi kegiatan penelitian (pengumpulan, pengiriman proposal, seminar desain operasional penelitian, seminar draf laporan hasil penelitian, pengiriman laporan, penerbitan sertifikat, pencairan dana, dan pelaporan keuangan).
7)  Seminar nasional/internasional penunjang penelitian yang melibatkan dosen dan mahasiswa.
8)  Workshop HaKI.
9)  Penelitian mandiri dosen untuk pengajuan usulan ke guru besar.
10)Penerbitan jurnal (Penelitian Pendidikan, Sosial dan Humaniora), dan
11)Penyediaan referensi (pustaka) bagi dosen, mahasiswa S1. S2, dan S3 terutama berupa hasil-hasil penelitian.

Layanan eksternal (dalam skema kerjasama/kemitraan maupun skema layanan nonkerjasama/pengabdian yang melibatkan lembaga luar UM) yang ditawarkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat meliputi sebagai berikut.
1)   Layanan kerjasama penelitian dengan Pemkot Batu, Pemkab Malang, Pemkab BLitar, Pemkab Tulungagung, Pemda Provinsi Jatim, DP2M Dirjen Dikti, dan pembuatan film dokumenter.
2)   Layanan kerjasama non penelitian melalui penyelenggaraan workshop dan penelitian guru Lingkungan Hidup SMA anggota KPKA DAS Brantas, dan penilaian karya ilmiah siswa SMA se-DAS Brantas.
3)   Layanan nonkerjasama melalui kegiatan workshop dan seminar penelitian yang mengundang perguruan tinggi, sekolah, dan lembaga lain, baik sebagai narasumber maupun sebagai pesrta kegiatan tersebut.
4)   Pelayanan berupa penyediaan narasumber untuk berbagai kegiatan seminar, workshop, pelatihan penelitian, dan penulisan karya ilmiah pada berbagai lembaga di luar UM.

PENGEMBANGAN DAN PENERBITAN JURNAL ILMIAH DAN BERKALA.
Pengembangan dan penelrbitan jurnal ilmiah IM dikoordinasi oleh LP2M. unit ini melibatkan sejumlah tenaga ahli yang sangat berpengalaman dan professional. Kegiatan yang telah dilakukan antara lain membina sejumlah penerbitan jurnal terakrediatasi nasional dan jurnal ber-ISSN di lingkungan UM, memberikan layanan konsultasi dan pendampingan penerbitan jurnal ilmiah begi berbagai pihak.

PENERBITAN PRODUK LP2M
Selain mengelola penerbitan sejumlah jurnal ilmiah dan berkala, LP2M juga secara khusus mengomunikasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat melalui penerbitan sejumlah berikut.
1)   Kumpulan judul penelitian (terbit 1 edisi tiap tahun).
2)   Kumpulan abstrak penelitian dalam 2 versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (terbit 1 edisi dalam 1 tahun).
3)   Jurnal Penelitian Pendidikan (terbit 2 edisi dalam 1 tahun).
4)   Jurnal Studi Sosial dan Humaniora (terbit 2 edisi dalam 1 tahun).
5)   Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (terbit 2 edisi dalam 1 tahun).
6)   Jurnal Pendidikan Gender (terbit 2 edisi dalam 1 tahun).
7)   Warta Lembaga penelitian “RISET” (terbit 1 edisi dalam 1 tahun).
8)   Buku Metodologi Penelitian (2002).
9)   Buku-Buku berdasarkan hasil penelitian.
10) Buku Statistik Perkembagan Penelitian (terbit tiap tahun).
11) Up load database penelitian di website lp2m.um.ac.id

FASILITAS PENDUKUNG LP2M
Pusat kegiatab LP2M berada di gedung H4 dan didukung sejumlah ruang dan laboraturium yang berada pada unit gedung lain di lingkungan UM. Fasilitas yang dimiliki terjabar sebagai berikut.
1)   1 Ruang Ketua LP2M yang dilengkapi dengan ruang rapat.
2)   1 Ruang Sekretaris LP2M yang disertai dengan ruang rapat.
3)   7 Ruang untuk Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian.
4)   1 Ruang tim pendukung jurnal dan berkala.
5)   3 Ruang tata usaha.
6)   1 Perpustakaan LP2M.
7)   1 Perpustakaan Studi Jender.
8)   1 Ruang seminar.
9)   1 Arsip.
10) Ruang laboraturium pendukung peneliti yang berada pada setiap fakultas.
11) 2Ruang Mushola.
12) Peralatan elektonik siap pakai untuk pengumpulan dan analisis data.