KKN  Tematis

Mengembangkan Kecerdasan Akademik dan Sosial Mahasiswa

 

Kuliah Kerja Nyata (KKN)  merupakan salah satu matakuliah yang diprogramkan  bagi mahasiswa  S-1 UM, baik untuk program kependidikan  maupun nonkependidikan. Matakuliah KKN ini merupakan wadah dan wahana  bagi mahasiswa untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma yang ketiga, yakni Pengabdian kepada masyarakat.

Matakuliah  KKN ini termasuk matakuliah praktik yang bertujuan melatih  dan membekali mahasiswa untuk menerapkan ilmunya serta belajar memecahkan  berbagai persoalan nyata yang terjadi di masyarakat. Karena itu,  program KKN yang dikembangkan  di UM digayutkan dengan bidang ilmu yang dimiliki oleh mahasiswa, sehingga para lulusan program KKN benar-benar memiliki kompetensi yang signifikan untuk kepentingan hidup di masyarakat setelah menyelesaikan studinya di UM. Untuk itu,  program KKN UM dikembangkan dalam bentuk KKN tematik.  Mahasiswa peserta KKN ditempatkan pada lokasi KKN sesuai dengan keahliannya untuk mengembangkan tema tertentu di wilayah KKN.

Hal tersebut diungkapkan Kapus  P2SW-KKN Drs. Hendri Purwito, M.Si pada upacara pemberangkatan KKN semester genap tahun 2012/2013 di Lapangan Parkir Cakrawala tanggal 22 April 2013.  Mahasiswa KKN pada semester genap tahun ini berlokasi  di empat desa yaitu Desa Ngenep, Ngijo, Kepuharjo dan online casino Donowarih.

Lebih lanjut,  Kapus P2SW-KKN  menjelaskan ada lima pilihan tema KKN UM, yakni (a) pengembangan kewirausahaan dan usaha mikro kecil menengah, (b) pengembangan potensi pesantren, (c) pengembangan potensi masyarakat desa terpadu, (d)  pengembangan wana wisata husada, dan (e) pengembangan potensi sekolah/PAUD. Program tematis ini merupakan program KKN nonfisik yang dirancang berdasarkan tema-tema yang secara akademis relevan dengan bidang keahlian mahasiswa. Dalam pelaksanaan program tersebut, peserta KKN diarahkan dan ditempatkan  di lokasi KKN dengan tema tertentu sesuai dengan bidang keahliannya. Dengan demikian, program KKN tematis ini lebih terarah dan lebih bermanfaat bagi pengembangan kompetensi akademik mahasiswa.  (kar)

 

 

 Kapus P2SW KKN UMDrs. Hendri Purwito, M.Si

Buy Windows 7 Ultimate
Discount
Sale Windows 7 Ultimate
Sale Windows 7 Ultimate
Buy Adobe Creative Suite 6 Master Collection
Order Adobe Creative Suite 6 Master Collection

Microsoft Office 2010 Professional Plus
Buy Microsoft Office 2010 Professional Plus
Cheap Microsoft Office 2010 Professional Plus

Share This Story!

About Author

You may also like

No Comment

Comments are closed.