PUSAT PENELITAIAN DAN PENGABDIAN BIDANG LINGKUNGAN HIDUP DAN MANAJEMEN BENCANA ALAM (P3LHMBA).

Tugas Pokok P3LHMBA
Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Lingkungan Hidup dan Manajemen Bencana Alam memiliki tugas pokok, yaitu menangani berbagai masalah lingkungan hidup yang meliputi pencemaran, pengelolaan, pelestraian, dan pemberdayaan masyarakat agar tanggap terhadap masalah lingkungan hidup serta bencana alam. Tugas pokok tersebut diimplementasikan dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan pendidikan lingkungan hidup di sekolah, pendidikan dan pelatihan penulisan karya ilmiah di bidang lingkungan hidup, pendampingan menuju sukses Program Adiwiyata, program penghijauan lingkungan, pelatihan pendidikan lingkungan hidup untuk masyarakat, uji parameter kimiawi dan fisik kualitas lingkungan, uji parameter geografi kualitas lingkungan, uji parameter kualitas lingkungan secara biologis, dan pemetaan dan system informasi geografi.

Fungsi P3LHMBA
1)  Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di bidang lingkungan dan bencana alam, hidup baik dalam bidang kependidikan maupun nonkependidikan.
2)  Meningkatkan implementasi kajian lingkungan hidup dan bencana alam, baik dalam bidang kependidikan (formal dan non formal) maupun bidang non kependidikan.
3)  Meningkatkan kerjasama dengan lembaga lain di bidang lingkungan hidup baik bidang kependidikan maupun nonkependidikan.
4)  Mewujudkan pusat informasi masalah dan pengelolaan lingkungan hidup dalam bidang pendidikan maupun nonkependidikan.