PERESMIAN SEKOLAH TERPADU UNGGULAN KABUPATEN TANA TIDUNG KALIMANTAN UTARA

Syukur alhamdulillah ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan ridhoNya, sehingga Peresmian Sekolah Terpadu Unggulan Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara berjalan lancar. Peresmian dan penandatanganan prasasti dilaksanakan dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Tana Tidung, tanggal 10 Agustus 2019 bersamaan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-12 Kabupaten Tana Tidung,Kalimantan Utara.

  • Bupati KTT dan Rektor Universitas Negeri Malang menandatangi Prasasti Peresmian Sekolah Terpadu Unggulan KTT disaksikan Ketua DPRD KTT, Sekertaris LP2M dan Penasihat Pengembangan STU KTT , Drs. Muhammad Ishom Ihsan, M.Pd

 

Sekolah Terpadu Unggulan Kabupaten Tana Tidung Kalimantan Utara  adalah salah satu sekolah unggulan yang dikembangkan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Tana Tidung dengan Universitas Negeri Malang. Grand design sudah dikembangkan oleh Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang sejak Tahun 2018 dan realisasi dari grand design mulai dilaksanakan tahun 2019-2022.

Tahun 2019 telah diresmikan tiga sekolah Terpadu Unggulan, yaitu:

  1. SMPN TERPADU UNGGULAN1-BERASRAMA KABUPATEN TANA TIDUNG
  2. SMPN TERPADU UNGGULAN 2- FULLDAY SCHOOL KABUPATEN TANA TIDUNG
  3. SDN TERPADU UNGGULAN 2- FULLDAY SCHOOL-KABUPATEN TANA TIDUNG

Pengembangan Sekolah Terpadu Unggulan Kabupaten Tana Tidung berawal dari Cita-cita mulia Bupati Tana Tidung, Dr. H.Undunsyah, M.Si. yang dalam masa kepemimpinannya  ingin mewariskan sesuatu yang akan selalu dikenang masyarakat sepanjang masa, yaitu mewariskan generasi muda Kalimantan Utara yang utuh/paripurna, generasi muda yang yang tidak hanya pintar tetapi juga religius, cinta tanah air dan bangsa, serta berdaya saing global.

Bupati Kabupaten Tana Tidung Dr. H.Undunsyah, M.Si

 

Dalam grand design dinyatakan bahwa visi Sekolah Terpadu Unggulan (STU) Tana Tidung adalah: Terwujudnya SD,SMP unggul dan terpadu yang dapat mengantarkan generasi muda kalimantan Utara yang religius, nasionalis, cerdas, dan berdaya saing. Sedangkan misinya adalah:

  1. menyelenggarakan pendidikan agama melalui proses habituasi ibadah sesuai dengan keyakinan peserta didik,
  2. menyelenggarakan pendidikan wawasan kebangsaan nagara kesatuan republik indoensia (nkri) berdasarkan Pancasila, UUD 45, dan Bhineka Tunggal Ika,
  3. menyelenggarakan pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler berdasarkan kurikulum dengan menggunakan kurikulun nasional plus, dan
  4. menyelenggarakan pembelajaran ekstrakurikuler dalam rangka menumbuh-kembangkan bakat dan minat peserta didik.

Ucapan terima kasih tiada terhingga kepada semua pihak yang membantu terwujudnya Sekolah Terpadu Unggulan Tana Tidung ini, terutama kerja sama yang sangat baik dari Tim Pengembang Sekolah Terpadu Unggulan KTT, DPRD, Pemerintah dan Diknas Pendidikan KTT, Paguyuban Orang Tua Wali Murid, Para guru dan kepala sekolah, masyarakat KTT.

 

Semoga kehadiran sistem persekolahan baru yang dirintis dan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tana Tidung bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang ini mendapatkan respons positif dan dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat KTT, Kalimantan Utara, dan Indonesia.

  • Date
  • Categories
    No Category