LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGANDIAN KEPADA MASYARAKAT (LP2M) UM MELAKSANAKAN PELATIHAN NVivo 12 PLUS  UNTUK TIM INTERNAL

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) melaksanakan pelatihan Analisis data Kualitatif Menggunakan aplikasi NVivo 12 Plus untuk Tim Internal LP2M, yaitu untuk para Kepala Pusat Penelitian dan Tim Pengembang, pada tanggal 27-28 Mei 2019 di Gedung Graha Rektorat lantai 1, diikuti oleh 31 peserta. Pelatihan ini dikhususkan untuk tim internal dalam rangka ujicoba bahan dan strategi penyajian pelatihan sebelum LP2M melaksanakan pelatihan untuk para dosen UM dan juga masyarakat yang membutuhkan. Revisi terhadap bahan dan strategi penyajian pelatihan diujicoba ulang pada peserta dengan bidang ilmu sejenis, yaitu di Jurusan Sastra Indonesia tanggal 5 Juli 2019 dan akan dilanjutkan pada tanggal 12 Juli 2019 diikuti 20 peserta. Para peserta adalah para dosen Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

NVIVO MENGATASI SUBYEKTIVITAS DALAM PENELITIAN KUALITATIF

Tantangan Terbesar bagi peneliti kualitatif adalah subyektivitas (researcher-biased), validitas, dan  reaktivitas. Tantangan tersebut cukup sulit diatasi jika peneliti menganalisis data secara manual. Oleh karena itu, NVivo membantu untuk memisahkan data yang bersumber dari informan, peneliti, serta secondary sources (buku, laporan hasil penelitian, dokumen-dokumen sejarah, artikel-artikel jurnal, isi website, berita online, prosiding konferensi, memos, catatan lapangan, anotasi bibliografi, dan bahkan jurnal harian peneliti yang tersimpan dalam NVivo). NVivo memastikan bahwa data bersumber dari lapangan. NVivo efektif untuk triangulasi data dan triangulasi peneliti. NVivo juga memberi ruang seluas-luasnya kepada tim peneliti untuk bekerja dalam NVivo.

Dengan NVivo, peneliti kualitatif dan juga mixed-methods dapat secara efisien dan efektif melakukan koding analitis terhadap data, baik data kualitatif maupun data kuantitatif yang telah diolah dalam program excel dan/ SPSS. Peneliti juga dapat mempresentasi hasil analisis data dengan model diagram dan grafik untuk tujuan analisis tematik, isi, komparatif, dan bahkan menganalisis hubungan asosiatif, satu arah, dan simetris.

NVivo juga dapat digunakan untuk triangulasi, melihat nilai Kappa dan Agreement

NVivo juga dapat menampilkan proses koding pada apendiks penelitian untuk menunjukkan proses analisis yang konsisten dan akurat. Demikian juga tampilan berbagai output NVivo dapat menunjukkan kredibilitas dan keabsahan data penelitian kualitatif.

Suasana pelatihan di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, UM

Dengan demikian, para peneliti kualitatif wajib memiliki keterampilan menggunakan NVivo ini untuk membantu menganalisis data secara efektif dan efisien. LP2M akan segera melaksanakan pelatihan analisis data kualitatif menggunakan NVivo ini untuk para peneliti, dosen, dan mahasiswa UM.

 

SEJARAH NVivo

NVivo dibuat pada tahun 1981 oleh programer Tom Richards.Pada awalnya NVivo diberi nama NUD*IST (Non-Numerical Unstructured Data Indexing Searching and Theorizing). Sampai tahun 1995, NUD*IST sangat berkembang di Amerika Serikat dan Inggris terutama setelah Lyn Richards dan Tom Richards mendirikan QSR International dan bekerja sama dengan SAGE Publications Hasilnya, lebih dari 100,000 orang di 70 negara pada tahun 2000 memiliki lisensi N5 atau versi ke-5 dariNUD*IST.

Sejak tahun 2002, NUD*IST diganti dengan nama NVivo N’ merupakan singkatan dari NUD*IST dan ’Vivo’ diambil dari istilah pakar penelitian grounded theory (Strauss, 1987; Glasser, 1978), yaitu ’in-vivo’ yang berarti melakukan koding berdasarkan data yang nyata (hidup), dialami partisipan di lapangan.

Penamaan NVivo menunjukkan bahwa fungsi utama software ini adalah untuk melakukan koding data dengan efektif dan efisien.  Karena itu, kunci untuk dapat melakukan presentasi data dalam bentuk tabel, grafik, diagram, dan model bagi peneliti kualitatif yang menggunakan NVivo adalah bagaimana melakukan koding terhadap sumber data penelitian.

NVivo yang powerful dalam data koding ini telah menarik minat lebih dari 200,000 akademisi dan peneliti yang menggunakan NVivo2 sampai tahun 2004. Pada tahun 2006, QSR International berhasil mengembangkan NVivo7 yang dapat menganalisis data berupa teks dan audio, tetapi belum dapat menganalisis data yang bersumber dari foto dan video. NVivo9 menutupi kekurangan tersebut sehingga ketika NVivo10 diliris pada tahun 2012, peneliti kualitatif dan mixed-methods tidak hanya dapat menganalis data berupa teks, foto, audio, dan video tetapi juga mampu melakukan capture terhadap video YouTube dan Website termasuk media sosial seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn

Pada tahun 2015, hadir NVivo11 dengan versi NVivo 11 Starter, NVivo 11 Pro, dan NVivo11Plus for Windows dan NVivo11 for Mac. Perbedaan ketiganya terletak pada kemutakhiran masing–masing dalam konteks manajemen dan analisi data non-numerik.

Tahun 2017, hadir NVivo12 dengan versi sama dengan NVivo11 Perbedaan NVivo 12 dengan NVivo 11 pada masing-masing versi terletak pada kemutakhiran juga  NVivo12 lebih user friendly.

Pengirim: Endah Tri Priyatni –Kepala Pusat Pendidikan, LP2M UM.

  • Date
  • Categories
    No Category